Rabu, Januari 21, 2009

Ilmu di Perusahaan Ekspedisi


Bandung adalah kota yang tingkat interaksi komunitasnya sangat kuat di Indonesia. Hal ini terbukti dari berbagai fakta dilapangan. Hal ini tentunya dapat menjadikan komunitas tersebut kedalam suatu segment pasar tersendiri . Yang dapat di kolaborasikan dengan bisnis yang sudah berjalan sebelumnya.

Pada saat mengirimkan order pakaian ke aceh tadi sore, secara tidak sengaja saya berkenalan dengan sang owner, Andiva Reza. Usia beliau ternyata masih muda, 1 tahun diatas saya, tapi sudah memiliki jiwa bisnis yang kuat. Baru nikah agustus kemarin. Owner dari PT. Cakrawala Express untuk cabang di Bandung.

Dari pembicaraan yang berlangsung singkat namun sarat dengan makna dengan Mas Reza, dapat disimpulkan bahwa, dalam menjalankan bisnis tidak hanya ditentukan oleh core skill bisnis itu sendiri, tapi juga bagaimana cara kita memanage dan memantain kinerja dari system kita (internal), karena hal ini lah yang nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan kita secara keseluruhan, baik itu profit maupun keberlangsungan usaha. Selain itu juga perlu dibangun link – link luar yang kuat dari berbagai elemen sector (eksternal).

Contohnya, bisnis mas Reza yang sekarang adalah perusahaan ekspedisi. nah, pengiriman baju - baju distro ke berbagai daerah merupakan salah satu bentuk simbiosis mutualisme yang baik. Mereka tidak terlalu mengambil margin di harga, tapi tingkat frekuensi pengiriman yang lebih diutamakan. karena dengan begitu, keberlangsungan operasional perusahaan juga dapat lebih terjamin.

Bisnis beliau tidak hanya terbatas pada core productnyasaja, yaitu expedisi, tapi beliau juga mulai merambah ke jual beli mobil second, supply material de es be. Link - link yang dimiliki beliau juga sangat luas, bahkan sampai ke manca negara. Saya berharap, suatu saat saya bisa melakukan kerjasama yang lebih intens diluar pengiriman ekspedisi.

Rekan – rekan silakan bertanya dengan om google. Tentang berapa banyak sesungguhnya komunitas yang terbentuk di kota bandung. Dan kesemuanya, secara garis besar diikuti oleh anak muda. Kaum muda adalah kaum yang memiliki tingkat kemauan dan ekspresi diri yang tinggi. Keinginan untuk pembuktian diri sebagai yang paling eksis dan berhasil, membuat mereka lebih kreatif dalam berekspresi.

Hm…seru juga neh, klo ngobrolin tentang pemuda….Soalnya, gw sendiri kan masih muda.
Hehehe ...

Tidak ada komentar: